Thursday, May 5, 2011

SISTEM KOMUNIKASI MASSA

Berbicara mengenai komunikasi massa, tentu tidak akan jauh dari bentuk – bentuk (saluran) media yang digunakan dalam penyampaiannya kepada khalayak / masyarakat. Media yang digunakan sebagai salurannya tentu amat bermacam – macam, mulai dari media cetak : surat kabar, majalah, tabloid dan media cetak lainnya kemudian media elektronik seperti radio, televise, film dan media online (internet). Media – media tersebeut merupakan sumber informasi utama bagi khalayak di seluruh dunia.
Jika dibandingkan, media elektroniklah yang paling banyak diterpa khalayak, terutama di jaman yang serba modern ini, tidak terkecuali saya. Media elektronik saat ini lebih mendominasi tesebarnya pesan kepada khalayak karena memiliki keunggulan yang lebih banyak juga dibandingkan media cetak. Fungsi yang terdapat dalam media cetak (Fungsi informasi, edukasi, hiburan dan persuasif) akan selalu disempurnakan dalam media elektronik.
Surat kabar
Memiliki fungsi informatif yang dominan karena dengan media inilah berita – berita maupun informasi lain yang dapat tercatat media dirangkum dalam surat kabar, kemudian fungsi tersebut ditambah dengan fungsi edukatif dan hiburan untuk surat kabar yang memiliki spesialisasi lain.



Majalah
Media yang satu ini, berbeda dari media yag sebelumnya. Fungsi media disini amat beragam tergantung pada isi maupun sajian yang ditawarkan dalam setiap majalah. Majalah khusus wanita seperti : “Femina” berisi mengenai informasi mendalam tentang wanita, busana, gaya hidup yang didalamnya terdapat unsur edukatif serta hiburan yang dapat memenuhi kebutuhan para wanita, sementara majalah “SWA”  berisi pemberitaan mengenai cara berbisnis dan info bisnis lainnya yang bersifat mendidik (edukatif) maupun bersift persusif.
Namun kelebihan surat kabar dibatasi dengan kekurangan yang banyak menjadi bahan evaluasi untuk tetap dapat mensejajarkan diri dengan media elektronik. Misalnya : Lambat dari segi waktu karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.

Radio

Salah satu media elektronik yang satu ini memiliki kekuatan dalam fungsi sosial selain fungsi media yang sudah diketahui. Saat ini radio siaran memawarkan fungsi yang beragam sesuai segmentasinya. Keempat fungsi media dapat dilakukan pada radio siaran, namun fungsi spesifik masing – masing saluran berbeda – beda. Contohnya “trijaya” yang fokus pada fungsi informatif dan edukatif, kemudian “Radio dangdut TPI/Bens radio yang fokus pada fungsi hiburan yang paling utama. Radio menjadi pilihan bagi khalayak yang memiliki mobilitas tinggi. Disamping itu, radio siaran mengajak khalayak berimajinasi dan menawarkan keakraban kepada pendegarnya. 

Televisi

Media yang menjadi primadona dikalangan khalayak yang mobilitasnya terbatas, fungsi media seluruhnya dapat terpenuhi disini, menjadi media yang banyak menerpa khalayak karena keunggulannya yang dapat mudah dimengerti sebagian besar khalayak karena sifatnya yang dapat didengar serta dapat pula dilihat (audio visual). Televisi menjadi media yang berkembang pesat, terlihat dari saluran – saluran yang makin banyak pula tersedia untuk khalayak masyarakat. Fungsi mediapun bervariatif  tentunya, bergantung pada segmentasi dari berbagai saluran yang disediakan. Fungsi informatif  dan edukatif misalnya, banyak disajikan dalam bentuk berita – berita aktual di Metro TV. Kemudian RCTI yang menyajikan hiburan dan informasi sebagai fungsi yang mendominasi disetiap program acaranya. Jangkauan pada media inipun cukup luas terutama saluran TV berskala nasional, ini mengakibatkan penyampaian pesan menjadi lebih cepat dan terjangkau dibeberapa daerah.


Internet / Media Online

Internet merupakan media yang memiliki teknologi yang menawarkan segala kemudahan serta kecepatan. Inilah media yang banyak menerpa khalayak saat ini. Sifatnya yang dapat merangkap fungsi media cetak dan elektronik mampu menyempurnakan semua informasi dari kedua bentuk media cetak yang sudah ada. Semua keunggulannya dapat diserap media online misalnya, informasi yang didapat dapat terdokumentasi, kemudian memiliki kekuatan dalam audio visual. Internet memberi kemudahan kepada khalayak karena dapat diakses dari seluruh dunia dengan kecepatan sesuai dengan apa yang diinginkan khalayak.(muy)

No comments:

Post a Comment