Saturday, May 7, 2011

Langkah – Langkah Presentasi


Presentasi adalah suatu cara untuk menyampaikan ide maupun gagasan kepada audiens/pendengar melalui kemampuan dan kecakapan yang dimiliki oleh para penyampai pesan. Sebuah presentasi dibuat dengan tujuan menyampaikan ide maupun membangkitkan kesadaran para pendengarnya/audiens agar mereka mendapatkan informasi maupun solusi yang mereka hadapi. Banyak cara yang dicapai para presentator atau penyampai pesan agar hasil presentasi yang mereka bawakan berjalan efektif dan dimengerti para audiensnya. Presentasi dibuat sedemikian rupa dan penuh makna, hal ini dilakukan agar presentasi menjadi media yang memang dibutuhkan audiens agar dapat terlepas dari ketidaktahuan maupun masalah – masalah yang sedang dihadapi.

Penyampaian sebuah ide/gagasan pun haruslah sesuai dengan cara maupun langkah yang ada, karena presentasi yang baik dan efektif haruslah memiliki susunan serta teknik presentasi yang tepat. Berikut ini langkah – langkah dalam mencapai presentasi yang efektif :

*       Pakai Kalimat Sederhana
Gunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh para audiens, hal ini diharapkan agar audiens tidak mengalami kebingungan ataupun ketidakmengertian dari presentasi yang kita bawakan.

*       Gambar Bermakna Ribuan Kata
Gambar atau ilustrasi merupakan salah satu faktor pendukung yang amat berguna dari sebuah pressentasi, karena dapat memudahkan audiens dalam memahami sebuah presentasi.

*       Kuasai Topik Presentasi Secara Detail
Persiapkan diri dengan baik untuk membuat presentasi agar dapat dikuasai dengan baik, hal ini dimaksudkan adar mempermudah presentator menyampaikan presentasinya. Pengetahuan akan isi dari materi harus dikuasai dengan baik hingga ke detailnya.

*       Berceritalah Saat Presentasi
Hindari penyampaian presentasi yang monoton, berceritalah!
Presentasi akan lebih efektif jika disertai dari pengalaman – pengalaman yang sudah didapatkan sebelumnya.

*       Konten Dalam Presentasi Sangat Penting
Pastikan konten atau isi yang Anda masukkan dalam presentasi memang berguna bagi audiens. Namun  isi/konten pun diharapkan tidak keluar dari topik yang dibahas sebelumnya.

*       Hargai Audiens Anda
Buat desain serta tampilan presentasi yang terlihat jelas, baik gambar maupun tulisannya. Pastikan kontras warna benar-benar tepat sehingga tidak menyakiti mata mereka yang melihatnya. Pastikan pula seluruh audiens dapat melihat konten dengan baik, meskipun mereka berada di jajaran paling belakang.

Hal – hal diatas merupakan langkah bagaimana presentasi akan bejalan dengan baik dan efektif, sehingga proses komunikasi dapat berjalan dengan baik pula. Pada hakikatnya presentasi adalah penyampaian ide maka presentasi haruslah dilakukan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan audiens, dengan memperhatikah cara dan langkah – langkah yang benar.(muy)


Dikutip detikINET dari TechRepublic, Jumat 28/3/2008

No comments:

Post a Comment

Post a Comment